spiderman 3D max

Wah, lama juga saya baru sempat update lagi blog ini, dikarenakan rutinitas pekerjaan yang menjemukan. untuk sobat2 semua yang sering mengunjungi blog ini saya sampaikan terima kasih banyak. baiklah untuk menghemat waktu langsung saja ke sharing saya yang berikut yaitu "Animasi Pergerakan Target Kamera pada 3ds Max" ...


Jalankan 3ds Max anda, bisa versi berapa saja ...
dan bukalah Objek yang akan dijadikan latihan, seperti gambar Spider-man ini

NB : jika anda belum punya objek 3ds Max, gunakan saja Teapot.
atau jika anda ingin membuat Character orang secara instan bisa anda gunakan software 'POSER'. atau anda download saja objek yang sudah jadi banyak bertebaran di Internet !!

pada Command Panel pilih Create, pada Object Catagories pilih Cameras
dan pada Object type pilih Target (seperti pada gambar di bawah ini).

camera 3d max

pada Viewport Front klik tahan dan seret kamera ke arah objek, gunakan 'Select and Move' untuk menggeser geser kamera jika dirasa kurang pas

camera 3d max

tetapi anda tidk akan bisa melihat dari sudut pandang kamera sebelum anda merubah viewportnya dulu. misalnya di Viewport Perspective klik kanan lalu rubah menjadi Cameras001

camera 3d max

Animasi Kamera :
untuk dasar penganimasian sebenarnya sudah saya posting sebelumnya

tapi baiklah kita mulai lagi, nyalakan 'Autokey' :
geser Frame ke 35/100, lalu dengan Select and Move geser kamera sesuka hati anda

camera 3d max


camera 3d max

geser lagi frame ke 65/100, geserkan lagi kamera ke arah lainnya, sambil perhatikan Viewport Camera001. terakhir geser lagi frame ke 95/100, geserkan lagi kamera ke arah yang berbeda.
kini sudah terpasang 4 keyframes (seperti pada gambar di bawah ini).

camera 3d max

anda tinggal klik play, animasi sudah dapat dinikmati. untuk melihatnya sementara jangan lupa untuk mengaktifkan Viewport Camera001.

untuk cara Render Animasi supaya hasilnya lebih bagus lagi, saya akan mempostingkannya selanjutnya ... salam !!