Pada dasarnya setiap gerakan yang ada di semesta ini berulang ulang. seperti bulan mengitari bumi, bumi mengitari matahari, maupun gerakan setiap makhluk hidup seperti manusia dan binatang. misalnya berjalan, berlari, berenang dst. pada sharing kali ini saya mau berbagi cara pembuatan animasi yang berulang ulang ...


untuk menghemat waktu kita langsung saja,
kali ini kita akan membuat kepak sayap burung yang berulang ulang

dengan 3ds Max buatlah sebuah Teapot dan sebuah Box tipis persegi panjang,
ukuran bebas


klik pada kotak tampak sumbu XYZ (titik sendi) berada di tengah Box, sedangkan seharusnya titik sendi berada di pangkal sayap berdekatan dengan Teapot. untuk merubah titik sendi tsb, klik panel Hierarchy klik tombol Pivot klik Adjust Pivot
klik Affect Pivot Only



maka pada objek Box akan muncul tanda panah tebal 3 arah yang disebut Pivot
klik Select and Move geser Pivot ke arah ujung Box (pangkal sayap)


jika sudah matikan Affect Pivot Only
sekarang sayap sudah siap dianimasikan, aktifkan tombol Auto Key
pada Frame 0/100 dengan 'Select and rotate' rotasikan Box seperti pada gambar di bawah


geser Frame slider ke Frame 25/100
putar SBox/sayap sehingga tampak sbb


untuk membuat gerakan mengepak berulang ulang klik Box/sayap tsb,
klik kanan pada kotak menu pilih 'Curve Editor'



lalu pilih hanya X Rotation saja


pilih menu Controller > Out of Range Type
maka akan muncul dialog Param Curve Out of Range



untuk mengatur pola pengulangan, pilih Pingpong klik Ok
play animation ...
anda bisa juga bereksperiment dengan pilihan lainnya


jika berhasil dengan latihan ini, anda tentu bisa juga membuat sayap yang sebelahnya.

supaya gerakan sayapnya tidak kaku anda bisa menambahkan modifier Flex
dan atur parameter untuk kelenturannya ...

saya tidak bisa berpanjang lebar di sini, cobalah dengan latihan sendiri untuk mendapatkan efek yang terbaik,

sekian dulu ... salam !!