Saya mau sharing lagi tentang cara membuat Pisau Belati dengan 3ds Max, karena caranya yang cukup singkat dan simple, jadi tidak perlu posting panjang dan tak perlu gambar banyak. tetapi cukup efektip buat anda yang sedang berlatih Modeling 3d ...



... oke, langsung saja buka 3ds Max

Buat sebuah persegi panjang dengan Box
ukuran bebas
Length Segs : 4
Width Segs : 1
Heigth : 2
tekan F4 untuk memunculkan garis bantu (Edge)



Klik kanan pada objek pilih 'Convert to Editable Poly'
pilih Vertex, lalu klik kotak sebelah kanan Chamfer


atur parameternya sehingga menghasilkan chamfer seperti pada gambar di bawah ini



dengan Select and Move geser vertek dan edit
hingga menghasilkan gambar diamond seperti ini :
lalu weld 2 vertex (tanda Panah).


pilih Polygon, lalu Extrude dan atur parameternya



kemudian pilih Bevel (jangan klik kotak sebelah kanan Bevel) lakukan secara manual, buatlah sampai ujungnya lancip



beralih ke Vertex satukan ke empat Vertexnya lalu di weld
bisa juga dengan menggunakan Target Weld



pada Viewcube klik Back
klik Vertex yang ada di tengah lalu Chamfer seperti pada step awal



kali ini pilih Cut dan buat empat buah garis penunjang. setiap membuat garis akhiri dengan klik kanan, dan kalau ada lebih dari 1 Vertex yang bertumpuk, agar di weld.



setelah cukup bulat pilih Polygon, lalu di extrude untuk membuat gagang belatinya



dengan beberapa kali Bevel jadikan bentuknya seperti ini



terakhir pilih kedua ujung Belati masih dengan Polygon lalu di Bevel



cukup dulu sampai di sini !!



... salam !!