Material dan texture selain mudah didapat di internet, anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan aflikasi gambar seperti CorelDRAW dan Photoshop. pada prinsipnya sama yaitu menyimpan gambar dengan format Targa, kali ini kita gunakan Photoshop saja...



buatlah sebuah gambar dengan photoshop seperti contohnya gambar di bawah ini
saya beri nama gambar ini 'Kotak' simpan dalam format Jpg



buka 3ds max dan buatlah sebuah box



buka Modifier List cari Unwarp UVW lalu klik, pada Parameter Tekan Edit
dan pastikan Box dalam keadaan masih terseleksi



maka akan muncul tampilan Jendela Edit UVW, perhatikan ada sebuah kotak dengan 4 buah vertex, jika tidak jelas terlihat klik on/off icon sebelah UV, (seperti pada gambar di bawah)
klik Tools lalu pilih Render UVW Template...



akan muncul dialog Render UVs, klik saja Render UV Template



muncul jendela baru Render Map, RGBA Color 16 Bits
dengan tampilan hitam karena belum dibuatkan gambarnya



klik Icon Save,pada Save Image tentukan lokasi dimana anda akan menyimpan gambarnya, beri nama apa saja contohnya saya beri nama 'Peti' yang penting gambar disimpan dalam format Targa (*.Tga)



ketika muncul Targa Image Control, klik OK saja tanpa murubah rubah opsi...
dan anda sudah boleh menutup semua jendela dialog dan lainnya di 3ds Max, tapi jangan tutup dulu Program 3ds Maxnya, cukup di minimize saja...

sekarang anda sudah punya gambar berformat Targa, tapi masih hitam belum ada gambarnya, untuk itu kita akan membuatnya di Photoshop.

buka Photoshop, dan buka gambar Kotak.Jpg dan gambar hitam berformat Targa yang kita beri nama 'Peti' (Peti.Tga) yang dibuat dengan 3ds Max. seret gambar kotak.Jpg ke gambar Peti.Tga





edit supaya gambar kotak menutupi semua area hitam dengan Free Transform (Ctrl+T).
setelah selesai klik Apply



lalu Save As dengan nama Peti ketika muncul dialog "Peti.Tga already exist, do you want to replace it?", klik OK saja, dan sekarang anda sudah boleh menutup Program Photoshop dan beralih lagi ke 3ds Max

buka lagi 3ds Max yang kita minimize tadi, tekan M untuk memunculkan material Editor, klik kotak sebelah kana Diffuse (seperti pada gambar)



pada Material/Map Browser double click Bitmap, kemudian akan muncul Select Bitmap Image File cari File Targa yang sudah kita edit dengan Photoshop tadi. kalau sudah ketemu klik Open



pada dialog material editor anda tinggal klik Assign Material to Selection dan Show Standard Map in Viewport. dan lihatlaj hasilnya ...




selesailah penggunaan Unwarp UVW pada 3ds Max dengan melalui pengeditan Photoshop
semoga sharing ini bermanfaat bagi anda dan juga saya

... salam !