Spawn adalah karakter fiksi dalam buku komik yang dibuat oleh Todd McFarlane. Spawn pertama kali muncul dalam komik dengan nama yang sama, yang diterbitkan oleh Image Comics, dan penampilan pertamanya adalah pada Spawn # 1 (Mei 1992).




Albert Francis Simmons lahir di Detroit, Michigan. Simmons adalah seorang perwira yang sangat berbakat dari Korps Marinir Amerika Serikat, di mana ia mencapai pangkat Letnan Kolonel. Ia kemudian bergabung dengan Amerika Serikat Secret Service, yang menyebabkan transfer ke Central Intelligence Agency. di CIA, Simmons direkrut oleh Direktur Jason Wynn ke sebuah divisi khusus yang dikenal sebagai US Security Group, sebuah gugus tugas dengan yurisdiksi dalam segala situasi domestik dan asing.

Simmons dibunuh selama misi di Botswana untuk Knightstrike Operasi USSG dengan sahabat dan sesama tentara bayaran Bruce Stinson (juga dikenal sebagai Kapel), atas perintah Direktur Wynn.



Setelah itu, Simmons dikirim ke neraka karena hidupnya sebagai seorang pembunuh. Ia Membuat kesepakatan dengan setan (Iblis Malebolgia), Simmons setuju untuk menjadi Hellspawn dan melayani Malebolgia jika ia diizinkan untuk melihat istrinya, Wanda untuk terakhir kalinya.


Malebolgia mengirim kembali Simmons ke dunia, namun dengan memori kecil, tubuh hangus dan rusak, dan kekuatan magis. Dia juga selalu diawasi anjing penjaga, yang dikenal sebagai Clown serta bisa berubah wujud menjadi 'Violator' monster ganas yang menjijikan.



Simmons perlahan-lahan menyadari bahwa lima tahun telah berlalu. Ketika ia memutuskan untuk mengunjungi Wanda, ia tidak bisa merubah tubuhnya ke bentuk semula, tetapi menemukan kemampuan baru transformasi. Ia menemukan bahwa istrinya, Wanda Blake, telah menikah dengan sahabatnya, Terry Fitzgerald, dan dua memiliki seorang anak perempuan, Cyan.
Hancurlah harapannya berakhir, Simmons memiliki dua pilihan di hadapannya: ikuti Iblis Malebolgia, atau berbalik melawan dengan kemampuan supernya.



Simmons
telah hidup kembali dan Sekarang dikenal sebagai spawn, seorang superhero yang brutal dan sedikit antihero. Ia menjadi idola baru para pecinta superhero dunia dan pengoleksi action figure, selain karena kisahnya yang tragis juga karena penampilannya yang keren, dengan kostum hitam, gauntlet merah dan variasi putih silver dihiasi juga dengan rantai yang menjuntai dari sabuk tengkorak dan jubah merah yang sangat panjang serta robek robek.



Jika anda sudah menonton Filmnya, memang tidak sama persis dengan cerita yang ada di komiknya, ... sekian dulu !!