banyak sekali jasa gratisan yang menyediakan emoticon onlain, diantaranya addemoticons.com. tapi kadangkala kita kurang puas, meskipun di tawari seabrek emoticon lucu yang beraneka ragam jenis dan bentuknya.
Nah buat anda yang ingin membuat emoticon sendiri silahkan di Read More tulisan ini !


jika anda menggogling web dengan kata kunci "software pembuat emoticon" anda akan menemukan beberapa diantaranya. seperti pengalaman saya ketika memakai emoticon generator, cuman begitu begitu saja misalnya bentuk yang terbatas (smiles) kita hanya mengkombinasikan gambar dan animasi yang tersedia, jadi membosankan juga.



tahukah anda bahwa sebenarnya kita bisa membuat emoticon sendiri, tanpa bantuan software pembuat emoticon?
kalau jawabannya "tahu !" berarti saya dong yang baru tahu, hehehe ... jadi malu nih !

oke, kita kembali ke laptop ...
untuk membuat icon hanya diperlukan gambar Jpg, Png atau Gif. kalau ingin emoticonnya yang bergerak biasanya dipergunakan Gif. untuk penjelasan membuatnya, silahkan anda baca di postingan lama saya. hanya ukurannya saja yang diperkecil supaya muat di kotak cbox, ukurannya cukup 50 sampai 100 Pixels saja.
saya biasanya membuatnya dengan CorelDraw, Rendera, Photoshop atau Manga Studio EX 4. gambar yang di bawah ini saya buat dengan Manga Studio EX 4. jadi terserah anda !



selanjutnya anda tinggal menyimpannya di Photobucket. (terutama untuk gambar yang bergerak) copy link adress/Direct html tempat anda menyimpan gambar tersebut. kemudian log in ke cbox klik option pilih smiles,



paste-kan link ke kotak URL seperti pada gambar. untuk kotak (Alt. Code) tidak perlu diisi pada kotak pertama (code) ketikan sembarang, tapi harus dimulai dan di akhiri dengan 'titik dua (:)
misalnya :senyum:



seterusnya save dan coba lihat perubahan pada smiles cbox anda.

sebenarnya anda bisa langsung merubah emoticon cbox anda tanpa perlu membuatnya dan menyimpannya di Photobucket. caranya :
setiap anda menemukan gambar berukuran kecil, baik itu dari cbox milik orang lain maupun dari web.



anda cukup klik kanan pada gambar lalu pilih opsi "copy Image Location" kemudian paste-kan ke cbox>Option>Smiles
seperti di cara atas.
saya dengar begitu pula dengan ShoutMix, tetapi saya belum pernah mencobanya

sekian dulu, salam ...