meskipun pada postingan terdahulu katagori "3ds Max" kurang mendapat respon,
tapi tetap saya akan buatkan lagi lanjutannya. seperti pada tujuan semula pembuatan blog ini, yaitu terdapat konten 3ds Max-nya.
sebagai kelanjutan dari postingan "MENGENAL JENDELA 3DS MAX"
seharusnya : Mengenal Viewport, Mengatur Viewcube, Navigasi Viewport.
tetapi menurut saya bagian itu tidak terlalu penting, karena akan terbiasa dengan sendirinya. tetapi jika itu dianggap keharusan, maka saya akan posting menyusul kemudian.


kali ini saya akan lanjutkan ke bagian "MEMBUAT OBJEK GEOMETRY" yang akan di bagi 2 bagian.
- standard primitives object
- extended primitives object

STANDAR PRIMITIVES OBJECT :
adalah bentuk objek awal 3D yang mesih sederhana, untuk membuat objek standard primitives
aktifkan panel Create>Geometry>Standar Primitives (lihat gambar)



Box
klik Box pada rollup Object Type, tentukan anda akan membuat Box atau Cube pada rollout Creation Method
Box untuk membuat objek bebas : tinggi, sisi, panjang boleh tidak sama
Cube untuk membuat kubus : tinggi, sisi, panjang sama ukurannya
drag mouse di area viewport untuk membuat objek Box atau Cube





Cone
adalah objek 3D berbentuk kerucut
Klik Cone pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport
pada rollup tentukan edge atau center
edge : membuat objek dimulai dari tepi
center : membuat objek dimulai dari tengah/pusat objek.





Sphere
adalah objek 3D berbentuk bola yang tiap sisinya berbentuk segiempat
klik Sphare pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



GeoSphere
adalah objek 3D berbentuk bola yang tiap sisinya berbentuk segitiga
klik GeoSphare pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Cylinder
adalah objek 3D berbentuk silinder (seperti kaleng)
klik Cylinder pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Tube
adalah objek 3D berbentuk pipa
klik Tube pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Torus
adalah objek 3D berbentuk kue donut
klik Torus pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Pyramid
adalah objek 3D berbentuk limas
klik Pyramid pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Teapot
adalah objek 3D berbentuk teko/poci
klik Teapot pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



Plane
adalah objek 3D berbentuk bidang datar
klik Plane pada rollup Object Type, kemudian klik dan drag di area Viewport



saya akhiri dulu sampai di sini, saya berharap sharing singkat ini bermanfaat terutama bagi anda yang baru mengenal 3ds Max, karena dulupun saya kesulitan sekali mencari tutorial 3ds Max yang benar benar bagi pemula.
kalau anda sudah cukup mahir memakai software ini, saya sarankan anda bergabung saja di grup Autodesk 3ds Max di Facebook
Nanti untuk selanjutnya saya akan sharing lagi
tentang "extended primitives object"

(bersambung)