sebuah game biasanya bersipat merusak, meskipun tidak semuanya.
membunuh dan menghancurkan adalah hal yang biasa, game lebih mengutamakan kepuasan si pemain. adakah efek maupun dampak yang ditimbulkan sebuah game ? jawabannya sedikit banyaknya tentu ada. oleh karena itulah sebuah game di beri label "E" (Everyone), "T" (Teen), "A" (adult) dll. Trus adakah sebuah Game yang benar benar mendidik ? jawabannya adalah "Harvest Moon"



Game berlabel "E" ini tema-nya adalah bertani dan berternak, gamenya juga dibuat untuk beraneka Consule, dari mulai PS, Xbox, Gameboy Advance, PSP, Nintendo DS, Wii dll. dalam Harvest Moon seorang anak dididik agar bersosialisasi, menghargai waktu, menyayangi binatang dan tolong menolong, tidak akan ditemui penjahat dalam game ini, benar benar sebuah game yang penuh dengan kedamaian.



Masih ingat kan ? Harvest Moon : Back to Nature (BTN) PS-one dengan berbagai Karakter seperti : Mayor Thomas, Popuri, Ann, Elli, Karen dll.


Harvest Moon 2 "For Girls" masih untuk PS-one
yang ini kurang terkenal karena tidak terdapat versi bahasa inggrisnya



Harvest Moon 3 "Save the Homeland" (Ps2)
lebih berorientasi ke misi, kalau sudah kaya, disarankan untuk menjual semua hewan ternak dan berhenti bertani (jadi penganggur) supaya lebih konsentrasi ke misi.


Harvest Moon 4 "A Wonderful Life" (Ps2), lebih interaktif karena dalam game ini karakternya bisa bertambah tua, anaknya tumbuh dewasa, tetangganya meninggal dan ada pendatang baru dari kota.


masih berkaitan dengan Harvest Moon yaitu : Innocent Life dan Harvest Fishing (River King) sedangkan untuk console lain Harrvest Moon "Friends of Mineral Town, Boy n Girl, Tree of Tranquility dll.
untuk cheats Harvest moon BTN dan GBA silahkan download di sini