... Haha, kok anda bisa menemukan blog ini ?
mungkin anda tidak sengaja atau tersasar kemari, tapi apapun penyebabnya itu,
saya ucapkan terima kasih !

oh ya mau ngomongin apalagi saya ? ...
begini saja, kita ngobrol ngobrol 3ds max aja deh, oke ?




... pengalaman saya beberapa tahun yang lalu, saya kesulitan sekali untuk menemukan tutorial 3ds max onlen untuk tingkat dasar, entah kalau itu pengalaman anda ? sehingga saya belajar sendiri secara otodidak dari help tutorial 3ds max itu sendiri, waktu itu masih 3ds max versi 5. sebenarnya 3ds max itu terlalu berat bagi saya dibandingkan dengan program program gambar lain, tetapi saya terus belajar dan berusaha. dengan didasari kesenangan dan hobbi akhirnya saya berhasil membuat video video pendek sekedar untuk dikonsumsi sendiri.

... pada kesempatan ini saya bermaksud membuat semacam panduan atau tutorial 3ds max untuk tingkat dasar, sebenarnya ini lebih bersipat sharing daripada tutorial, anggap saja kita sedang belajar bersama oke ?

panduan ini diperuntukan bagi anda yang baru mengenal 3ds max,
dan mau mempelajari dari awal sekali. Sedangkan bagi anda yang sudah mengetahui ataupun yang sudah mahir, anggap saja ini sekedar mengenang saat saat pertama anda berkenalan dengan 3ds max.

baiklah saya tidak akan panjang lebar lagi, segera akan kita mulai saja

Mengenal 3ds max :

























Keterangan Gambar :
1. Menu Bar : adalah baris perintah berbentuk tekt terdapat di bagian paling atas.
2. Tool Bar : adalah baris perintah berbentuk ikon.
3. Command Panel : adalah perintah perintah utama
4. Object Catagories : adalah perintah untuk membuat jenis objek
5. Object type : merupakan Rollout yang dapat digulung.
6. Viewport Label : adalah nama dari Viewport
7. Viewport : adalah tempat untuk membuat objek
8. Viewcube : adalah untuk mengatur sudut pandang berbentuk kubus.
9. Steeringwheel : adalah untuk mengatur sudut pandang berbentuk lingkaran.
10. Time slider : adalah pengatur frame untuk membuat animasi.
11. Coordinate Display : adalah untuk manampilkan status transformasi objek.
12. Animation Key Control : adalah kontrol untuk membuat animasi
13. Animasi Control : adalah untuk mengatur kontrol animasi.
14. Viewport Navigation Control : adalah untuk mengatur berbaga pandangan.

sekian dulu ah, ... bersambung !